Tips Mengurangi Nyeri saat Menstruasi Secara Alami, Mudah Dilakukan

Tips Mengurangi Nyeri saat Menstruasi Secara Alami, Mudah Dilakukan

Rasa tidak nyaman di sekitar perut saat wanita sedang menstruasi adalah hal yang umum. Rasa tidak nyaman ini bisa dimulai sejak pra-haid sampai beberapa hari saat menstruasi. Selama menstruasi, otot-otot rahim wanita akan berkontraksi untuk membantu melepaskan lapisan pembuluh darah yang menumpuk.


Pada kondisi ini, wanita terkadang akan mengalami kram perut, yang merupakan tanda otot rahim sedang bekerja. Sedangkan beberapa wanita lainnya bisa jadi mengalami kram yang disertai dengan rasa mual, muntah, sakit kepala, dan bahkan diare. Tingkatan nyeri haid yang dirasakan tiap wanita memang dapat bervariasi.


Saat merasakan nyeri haid yang tidak tertahankan, tidak sedikit wanita yang membutuhkan obat untuk meredakannya. Selain obat-obatan, sebenarnya masih banyak perawatan rumahan lain yang bisa dilakukan. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, tips mengurangi nyeri saat menstruasi secara alami.


Olahraga Ringan
Kamu mungkin lebih ingin bermalas-malasan di tempat tidur saat sedang haid. Namun, olahraga ringan sebenarnya bisa jadi cara sehat untuk menghilangkan nyeri haid. Berolahraga membuat peredaran darah lebih lancar.


Selain itu, hormon endorfin yang dihasilkan sebagai pereda nyeri alami dapat membantu mengurangi efek hormon prostaglandin.


Prostaglandin adalah hormon yang membuat rahim berkontraksi dan menyebabkan kram. Olahraga membantu mengendurkan otot serta meningkatkan suplai darah ke panggul. Tidak hanya meredakan nyeri, olahraga juga membantu memperbaiki suasana hati (mood) yang tak karuan saat haid.


Kompres Air Hangat
Menerapkan panas ke area perut mampu meredakan nyeri yang kamu rasakan. Kamu bisa mengisi air hangat kedalam botol atau bantal pemanas untuk ditempelkan ke bagian perut. Panas yang dihantarkan ke perut dapat mengendurkan otot dan meredakan kram.


Selain itu, panas membantu otot rahim dan organ di sekitarnya rileks yang otomatis meredakan kram dan ketidaknyamanan. Kamu juga dapat menempatkan bantal pemanas di punggung bawah untuk menghilangkan sakit punggung. Cara lainnya, kamu bisa berendam dalam air hangat yang membantu mengendurkan otot-otot di perut, punggung, dan kaki.


Akupunktur
Hasil penelitian yang telah dipublikasikan di PLOS One menunjukkan, akupunktur mampu meredakan kram menstruasi. Selain dapat mendorong pelepasan endorfin, perawatan ini dapat mengurangi peradangan dan membantu wanita lebih rileks. Akupunktur merupakan pengobatan tradisional yang menggunakan jarum tipis. Jarum-jarum ini akan ditancapkan ke kulit di titik-titik tertentu tubuh untuk merangsang saraf di area tersebut.


Jika ingin melakukan akupunktur, datangilah terapis profesional agar keamanannya terjamin. Jangan sembarangan memilih lokasi terapi karena jarum akupunktur yang digunakan bergantian malah bisa mendatangkan penyakit baru.


Minum Air Putih
Dehidrasi atau kekurangan cairan adalah salah satu penyebab kram otot termasuk di perut. Minum air putih adalah solusi yang sangat bagus untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Mencukupi asupan cairan tubuh menjadi kunci penting untuk meredakan kram perut saat haid.


Dengan minum banyak air putih, tubuh terhindar dari kram yang menyakitkan. Selain air putih, kamu juga bisa minum jus murni tanpa tambahan gula untuk sebagai salah satu cara dalam mengatasi nyeri haid.


Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa menggunakan period care gummies & biotin gummies dari Filmore. Gummies ini berfungsi untuk mengurangi nyeri selama menstruasi. Dibuat dari bahan alami kaya nutrisi, pastinya kamu bakal merasakan manfaat pada tubuh.