Produk Menstruasi Ramah Lingkungan yang Bisa Dipakai, Wajib Tahu

Produk Menstruasi Ramah Lingkungan yang Bisa Dipakai, Wajib Tahu

Semakin tingginya perhatian masyarakat pada lingkungan membuat banyak wanita yang mulai meninggalkan pembalut sekali pakai saat sedang menstruasi. Pasalnya meski praktis, pembalut sekali pakai ternyata berkontribusi merusak lingkungan.

Bagaimana tidak, setiap perempuan yang menstruasi bisa mengganti pembalut sebanyak 3-5 kali setiap hari. Ribuan ton limbah pembalut sekali pakai dihasilkan di seluruh dunia setiap bulannya. Data Sustaination bahkan mengatakan sampah pembalut di Indonesia ternyata bisa mencapai 26 ton setiap harinya.

Pembalut sekali pakai menggunakan bahan plastik yang diproduksi secara industrial. Hal itu menyebabkannya sulit terurai. Dibutuhkan waktu sekitar 500-800 tahun agar pembalut sekali pakai dapat terurai habis. Hal inilah yang menyebabkan pencemaran lingkungan.

Alhasil, banyak orang mencari cara untuk mengurangi limbah pembalut ini. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, produk menstruasi ramah lingkungan.

Menstrual Cup
Produk untuk menstruasi ramah lingkungan ini sudah ada sejak 1991 dan telah digunakan di Indonesia sejak 2011. Berbentuk serupa cawan yang terbuat dari silikon, menstrual cup digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam vagina. Cawan silikon ini dapat menahan darah menstruasi hingga 12 jam (tergantung volume darah dan model menstrual cup yang digunakan).

Setelah terasa penuh, kamu bisa menarik menstrual cup keluar, membuang isinya, dibersihkan, lalu digunakan kembali. Satu buah menstrual cup dapat digunakan hingga 10 tahun, jadi kamu tidak perlu terus-menerus menggunakan pembalut sekali pakai yang kemudian menjadi limbah.

Biodegradable Pads dan Intimate Wipes
Selain pembalut sekali pakai yang umum digunakan di Indonesia, ada pula pembalut yang bisa digunakan berulang kali. Berangkat dari metode menahan darah mens yang dilakukan wanita sebelum ada pabrik pembalut sekali pakai, pembalut yang terbuat dari kain ini kembali diproduksi untuk menjadi alternatif.
Tak jauh berbeda dengan penggunaan pembalut sekali pakai, pada pembalut ini kamu perlu menggantinya setiap 4-6 jam sekali. Namun karena bisa digunakan berulang kali, kamu tidak perlu menyumbang limbah pada lingkungan.

Kunci dari penggunaan pembalut reusable seperti ini adalah proses pencucian yang harus benar-benar bersih. Saat mengganti pembalut, kamu harus mencuci dan mengeringkannya sehingga ada baiknya untuk memiliki lebih dari satu pembalut reusable.

Menstrual Panties
Rasa mengganjal yang tak nyaman tentu jadi salah satu hal yang kerap dirasakan saat kamu menghadapi menstruasi dan menggunakan pembalut. Hal ini pula yang menjadi salah satu alasan beberapa perusahaan produsen produk sanitasi wanita meluncurkan celana dalam khusus menstruasi atau yang lebih populer sebagai period panties.

Celana dalam ini memiliki lapisan kain di bagian dasar sehingga dapat langsung menyerap darah. Lapisan ini dibuat dengan bahan kain yang dapat menyerap darah tanpa membuat daerah intim iritasi. Tak hanya itu, karena dirancang sebagai celana dalam, maka kamu tak perlu mengkhawatirkan rasa tak nyaman saat beraktivitas. Period panties ini pun hadir dalam berbagai macam ukuran, model, bahan, serta daya serap. Kamu cukup memilih mana yang terasa paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mendapatkan produk di atas, kamu bisa membelinya di Filmore. Filmore menyediakan beragam produk yang dibutuhkan untuk wanita. Dengan mengusung konsep ramah lingkungan pada setiap produknya, membuat kamu yang menggunakannya dapat sekaligus menjaga kerusakan lingkungan yang dihasilkan dari limbah seperti pembalut sekali pakai.