6 Alasan Harus Beralih Menggunakan Menstrual Cup saat Haid, Aman dan Nyaman

6 Alasan Harus Beralih Menggunakan Menstrual Cup saat Haid, Aman dan Nyaman

Diperkirakan setiap wanita menghabiskan 10.000–15.000 pembalut seumur hidupnya, dan pembalut bukan jenis sampah yang mudah terurai. Menanggapi fenomena tersebut, penggunaan menstrual cup gencar dikumandangkan. Menstrual cup dianggap sebagai alternatif pengganti pembalut, karena bisa digunakan terus-menerus.

Menstrual cup memiliki fungsi yang sama dengan pembalut, yaitu menampung darah selama menstruasi. Meski memiliki fungsi yang sama, tetapi menstrual cup terbilang lebih ekonomis dan ramah lingkungan karena dapat digunakan berkali-kali selama 5–10 tahun.

Sekarang, pemakaian alat ini semakin meningkat. Banyak wanita menganggap pengganti pembalut ini dapat mengurangi sampah karena bisa kamu cuci dan pakai ulang. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 alasan harus beralih menggunakan menstrual cup.

Nyaman
Memang dibutuhkan waktu beberapa bulan agar kamu pro dalam memakai menstrual cup. Mungkin bisa memakan waktu 1 hingga 3 bulan, untuk itu bersabarlah saat mulai beralih ke menstrual cup.

Tapi kalau kamu sudah terbiasa, maka kamu akan merasakan betapa sangat nyaman menggunakan menstrual cup. Apalagi menstrual cup dapat dipakai selama 12 jam, tergantung flow menstruasimu. Jika kamu sudah merasa penuh, kamu tinggal mengeluarkannya, kosongkan isinya, dan gunakan kembali.

Aman
Menstrual cup lebih aman digunakan. Benda ini bukan hanya menampung darah lebih banyak, tetapi juga mampu menurunkan risiko infeksi bakteri, juga mencegah lecet atau ruam. Menstrual cup juga tidak berisiko menimbulkan ruam dan lecet, yang biasa timbul jika kamu memakai pembalut.

Dengan memakai menstrual cup, kamu akan terhindar dari bahan-bahan kimia berbahaya seperti lem, parfum, bahkan zat pemutih (bleach) yang biasa digunakan pada pembalut. Menstrual cup juga terbuat dari material medical grade silicon.

Ramah Lingkungan
Penggunaan menstrual cup dapat membantu mengurangi sampah. Hal ini dikarenakan, menstrual cup dapat dipakai selama 10 tahun. Jadi kamu bisa bayangkan, berapa banyak sampah pembalut yang bisa kamu kurangi jika memakai menstrual cup?

Daya Tampung yang Banyak
Dibandingkan dengan pembalut dan tampon, memiliki daya tampung yang banyak menjadi kelebihan menstrual cup. Menstrual cup dapat menampung darah haid hingga 40 mililiter. Alat yang satu ini dapat dipakai lebih lama ketimbang pembalut dan tampon, yaitu selama 6–12 jam.
Menjaga PH dalam Vagina

Alat ini tidak mengganggu keseimbangan pH dalam vagina, karena terbuat dari silikon, dan hanya bertugas untuk menampung darah. Berbeda dengan penggunaan tampon yang dapat menyerap darah sekaligus cairan dalam vagina. Penggunaan tampon dapat mengganggu keseimbangan pH dan bakteri baik dalam vagina.

Tidak Mengganggu Aktivitas
Tidak semua merasa nyaman menggunakan cangkir ini karena takut merasa terganggu harus menyelipkan silikon ke dalam vagina. Awalnya akan sedikit sulit dan menegangkan, tetapi lama kelamaan akan terbiasa. Kamu bisa mengubah ujung cangkir sesuai dengan kenyamanan.

Ujung cangkir ini berfungsi untuk memudahkan wanita saat memasang dan mengeluarkan menstrual cup dengan cara menariknya. Kamu bisa memotong ujung cangkir agar tidak mengganggu saat sedang berjalan, duduk atau beraktivitas. Bila bingung, kamu bisa memilih menstrual cup yang tepat dan sesuai dengan kenyamanan.